'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pengabdian Masyarakat Dosen D3 TKV FK UHAMKA bermitra dengan PCA Pondok Aren Tangerang Selatan dalam Pengadaan Jamban Keluarga Duafa
10 Januari 2022 10:30 WIB | dibaca 18

Pengabdian Masyarakat adalah program yang dirancang universitas atau institut untuk memberikan kostribusi nyata bagi masyarakat, khususnya dalam membaktikan ilmu yang dimiliki para dosen dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat sekitar.  FK UHAMKA yang berada dekat dengan Kelurahan Pondok Aren, yang menjadi bagian dari lingkungan masyarakat setempat, di mana kegiatan civitas akademika tersebut diharapkan dapat memberikan solusi, yang berdasarkan kajian akademik menunjukkan adanya kebutuhan, atau ditemukan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

Awal tahun 2022 ini, hari Kamis6 Januari 2022 Tim Pengmas yang terdiri dari 3 orang Dosen D3 TKV (Teknik Kardiovaskular) FK UHAMKA, dr. Nurhayati MARS (Ketua Tim), dr.RizkaAriesPutranti,MMedEd (Anggota) dan Dra. Afni Rasyid, M.H. (Anggota) dengan mengikutsertakan 2 orang mahasiswa D3 TKV FK UHAMKA bermitra dengan PCA Pondok Aren melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Upaya Peningkatan Kesehatan Keluarga dengan Pengadaan Jamban Sehat”.

Bentuk pengabdian masyarakat yang dilaksanakan tersebut adalah dalam berupa bantuan pembuatan sanitari kesehatan, yaitu pengadaan jamban dengan satu unit closet jongkok kepada warga RT 01/01 Kelurahan Pondok Aren. Kegiatan ini diawali dari Hasil Laporan Akhir Dakwah Lapangan Mahasiswa di Bulan Maret 2021, bahwa telah ditemukan satu kelurga duafa binaan PCA Pondok Aren sejak Program TB yang rumahnya dinilai sangat tidak layak dan tidak sehat. Temuan mahasiswa tersebut dilanjutkan oleh tim Pengmas Dosen. Sebelumnya, Dosen FK UHAMKA juga sudah melaksanakan penyuluhan, seminar dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lansia.

Penyerahan secara simbolis dari Tim Pengmas FK UHAMKA unit WC jongkok yang sudah siap digunakan, melalui PCA Pondok Aren sebagai mitra untuk dilanjutkan kepada keluarga Binaan PCA Pondok Aren tersebut dengan disaksikan oleh Wakil Ketua PDA Kota Tangsel.  

Penyerahan bantuan dihadiri oleh para dokter dari FK UHAMKA, Mahasiswa D3 TKV FK UHAMKA, pengurus PCA Pondok Aren, bu Mariati perwakilan dari bagian Kesos Kelurahan Pondok Aren, Ketua RT RT 001/001 Pondok Aren dan warga  warga sekitar.

Maryati, perwakilan dari kelurahan pondok Aren menyatakan sangat mendukung dan mengucapkan terimakasih mewakili Kelurahan, Keluarga dan warga Pondok Aren. Beliau juga menyatakan bahwa dengan program ini menjadikan kita semakin memahami bahwa masih banyak warga di sekitar kita yang memang masih kesulitan dan belum mampuu menjalani kehidupan sehari-hari secara layak, sehingga perlu dibantu dalam hal sanitari Kesehatan, termasuk juga memberikan edukasi seputar masalah kesehatan. (red.Wati/PDA/I/2022)

 

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terkomentari