'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Profil
"GURU", SOSOK INSPIRATIF
25 Oktober 2021 08:23 WIB | dibaca 12

"GURU", SOSOK INSPIRATIF

Oleh: Mawar Dewi

Masih ingat film “Laskar pelangi”? Film fenomenal di tahun 2008 yang dibuat dari kisah ny. Film yang bersumber dari novel ini berkisah tentang kehidupan dan perjuangan 11 anak kaata karya Andrea Hirarampung Gantong Belitong yang mengenyam pendidikan di sebuah SD muhammadiyah di Belitong. Sosok yang sangat inspiratif dalam kisah ini adalah seorang ibu guru yang bernama ibu Muslimah. Sosok guru yang sangat mencintai profesinya dan berjuang untuk dapat mendidik di tengah keterbatasan sarana sekolah dan ekonomi para muridnya. Ibu guru yang mampu mendidik anak didiknya sehingga memiliki semangat dan cita-cita tinggi, yang akhirnya mampu menjadikan mereka sebagai sosok yang sukses.

Bagi saya yang bergabung dalam persyarikatan Muhammadiyah, khususnya Aisyiyah, sosok ibu Muslimah adalah potret inspiratif seorang guru yang jamak dimiliki oleh persyarikatan. Sebagai salah satu pengelola amal usaha dibidang pendidikan, khususnya TK Aisyiyah Bustanul Atfal di kampung Cicentang BSD, kami merasakan suka dukanya mendirikan sekolah di kampung yang penduduknya memiliki tingkat ekonomi rendah. Kami harus memutar otak untuk tetap dapat  menjalankan sekolah dengan keterbatasan jumlah murid, sama halnya dengan yang dialami oleh ibu Muslimah.  Kondisi pandemi covid 19 semakin memperparah keadaan, murid yang hanya berjumlah 7 orang dan semuanya berasal dari ekonomi sulit membuat sekolah harus banyak mengalah untuk tidak menerima  pembayaran SPP. Tekad untuk dapat memberikan pendidikan yang baik bagi masyarakat menyebabkan  sekolah harus tetap bertahan. Alhamdulillah memiliki guru-guru yang dapat diajak berjuang merupakan karunia tersendiri bagi kami. Dengan gaji yang di bawah upah minimum, mereka tetap dapat bekerja dengan semangat. Mungkin mereka tidak seideal sosok Ibu Muslimah, tapi semangat dan kesabaran yang mereka berikan untuk murid-murid merupakan pengorbanan tersendiri yang insya Allah akan menjadi ladang amal bagi mereka. 

Guru adalah profesi yang mulia. Profesi guru adalah sebuah amanah yang besar,yang harus dijalani dengan melibatkan segenap kemampuan, intelektual, emosional dan spiritual. Guru sebagai tenaga pendidik professional tidak cukup hanya menguasai ilmu yang akan diajarkannya. Lebih dari itu mereka dituntut harus memahami kondisi peserta didik yang dihadapi. Sehingga sangat diperlukan guru yang inspiratif, yang mampu mendidik, memberi teladan yang baik, memahami kondsdi kejiwaan peserta didik serta mampu memotivasi dan memberi semangat peserta didik ke arah kemajuan.Kedudukan guru di dalam agama Islam adalah sangat mulia. Pahala memuliakan guru adalah surga. Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Barang siapa memuliakan orang berilmu (guru) maka ia sungguh telah memuliakan aku. Barang siapa memuliakan aku, maka sungguh ia telah memuliakan Allah. Barangsiapa memuliakan Allah maka tempatnya di surga”.

Dari hadist di atas, bisa kita lihat bahwa kemuliaan yang diberikan kepada seorang guru yang dapat menjalankan peranannya dengan baik sangatlah tinggi. Tidak hanya sekedar mengajar sebagai profesi untuk mencari nafkah tetapi mendidik dengan hati sehingga dapat menjadi inspirasi bagi anak didiknya guna meraih impian di masa depan.

Shared Post:
Arsip
Profil Terbaru
Berita Terbaru